Pemilu 2024 akan Pakai Kotak Suara Kardus, KPU Tolong Dengarkan Saran Bang Dasco

Pemilu 2024 akan Pakai Kotak Suara Kardus, KPU Tolong Dengarkan Saran Bang Dasco
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menanggapi rencana KPU tetap menggunakan kotak suara kardus di Pemilu 2014. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA -  Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Komisi II mengkaji penggunaan kotak suara berbahan kardus pada Pemilu 2024.

Sebab, dia mengingatkan Pemilu yang diselenggarakan pada Februari 2024 masih musim hujan, sehingga berpotensi mengakibatkan kerusakan material kotak suara tersebut.

"Kami akan meminta komisi teknis dalam hal ini Komisi II untuk mengkaji," kata Dasco melalui keterangan yang diterima Minggu (22/5).

Pimpinan DPR Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan ini menekankan pentingnya keamanan kertas suara di dalam kotak berbahan kardus.

Dia mempertanyakan daya tahan kotak suara di tengah cuaca hujan.

"Apakah kemudian dari segi keamanan itu memenuhi syarat keamanan, mengingat bulan Februari (saat Pemilu digelar) masih dalam masa hujan," tambah politisi Partai Gerindra ini.

Jika pengkajian dapat memastikan keamanan kertas suara, Bang Dasco yang akrab disapa itu mempersilakan kotak suara kardus tetap dipakai.

Namun jika sebaliknya, dia menyarankan KPU harus segera memikirkan material pengganti.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menanggapi rencana KPU tetap menggunakan kotak suara kardus di Pemilu 2014. Simak pernyataannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News