Pemimpin Pemberontak Chechnya Mundur

Pemimpin Pemberontak Chechnya Mundur
Doku Umarov. Foto : AFP
MOSKOW -  Pemimpin kelompok pemberontak Chechnya, Doku Umarov yang menjadi orang Rusia paling dicari oleh Amerika Serikat, telah mengundurkan diri. Doku Umarov yang oleh pendukungnya disebut dengan nama Emirat Kaukasus itu juga telah menunjuk penggantinya untuk melawan pemerintahan pusat Rusia di Kaukasus Utara.

Pengumuman ini disampaikan pada hari Minggu (1/8) lalu melalui situs kavkazcenter.com yang selama ini menjadi corong kelompok tersebut. "Emir dari Emirat Kaukasus, Dokku Abu Usman (Doku Umarov), telah secara resmi mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Emir Kaukasus karena alasan kesehatan dan menunjuk penggantinya, Emir Aslambek (Aslambek Vadalov)," tulis para pemberontak Chechnya melalui laman yang dikutip Al Jazeera, Senin (2/8).

"(Umarov) mengatakan bahwa jihad harus dipimpin oleh komandan yang lebih muda dan lebih energik, serta menekankan bahwa setelah pengunduran dirinya, ia bermaksud untuk terus berjihad dan akan melakukan yang terbaik untuk membantu kepemimpinan baru," lanjut para pemberontak.

Namun pengunduran diri itu bukan berarti Umarov meninggalkan perjuangan kelompok yang selama ini dipimpinnya. "Pengunduran diri ini tidak berarti bahwa Saya berhenti berjihad," ucap Umarov yang berjanggut dan memakai kopiah dalam sebuah video yang dipublikasikan pada situs yang sama.

MOSKOW -  Pemimpin kelompok pemberontak Chechnya, Doku Umarov yang menjadi orang Rusia paling dicari oleh Amerika Serikat, telah mengundurkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News