Pemimpin Tak Cukup Bermodal Baik dan Jujur

Pemimpin Tak Cukup Bermodal Baik dan Jujur
Pemimpin Tak Cukup Bermodal Baik dan Jujur
JAKARTA - Senator dari Sumatera Utara, Rahmat Shah, menyatakan, kesan baik dan jujur belum cukup dijadikan sandaran untuk jadi pemimpin. Menurut Rahmat, ada hal yang lebih mendasar, yakni moral dan mental.

"Kesan baik dan jujur belum cukup jadi sandaran pemimpin. Ada yang substansi dari sekedar itu, yakni realita kekuatan moral dan mental yang kuat dan berani dalam melaksanakan amanat," tegas Rahmat Shah dalam dialog bertema 'Membangun Moralitas Baru Parlemen Kita' di gedung DPD, Senayan Jakarta, Rabu (13/4).

Kesan baik dan jujur, lanjut Rahmat, cenderung melahirkan pemimpin berkarakter pasif dan tidak responsif terhadap berbagai dinamika. "Tapi kalau jujur dan baik itu ditopang oleh moral dan mental yang baik, maka pemimpin secara proaktif akan merespon berbagai dinamika masyarakat yang dipimpinnya," tandasnya.

Soal adanya potensi kesalahan dalam merespon berbagai dinamika, Rahmat Shah menilainya sebagai hal yang manusiawi. "Karena yang bikin rakyat frustasi itu bukan soal kesalahan dalam bersikap, tapi justru tidak adanya respon sama sekali karena terbebani dengan kesan jujur dan baik hingga akhirnya kita tidak pernah ke luar dari berbagai macam kesulitan," ulasnya.

JAKARTA - Senator dari Sumatera Utara, Rahmat Shah, menyatakan, kesan baik dan jujur belum cukup dijadikan sandaran untuk jadi pemimpin. Menurut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News