Pemkab Banggai Raih Prestasi Akuntabilitas Kinerja, Bupati Herwin Bilang Begini

Pemkab Banggai Raih Prestasi Akuntabilitas Kinerja, Bupati Herwin Bilang Begini
Bupati Herwin Yatim (kiri) menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Pemkab

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Banggai meraih penghargaan Akuntabilitas Kinerja 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Prestasi bergengsi ini menjadi salah satu bukti kinerja Bupati Herwin Yatim yang berhasil memajukan Banggai dengan pesat. 

Keberhasilan Herwin dilihat dari predikat SAKIP yang diraih Pemkab Banggai dari 'BB' menjadi 'A' pada tahun 2019 dengan nilai 80,18 berdasarkan hasil Laporan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo pada acara SAKIP Awards 2019 Wilayah III, di Hotel Tentrem, Yogyakarta, akhir bulan lalu.

Tjahjo mengatakan, bahwa evaluasi akuntabilitas kinerja berfungsi untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program, termasuk metode yang digunakan, penggunaan sarana dan pencapaian tujuan.

"Melalui SAKIP, instansi pemerintah harus fokus pada pencapaian prioritas pembangunan nasional melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala," tutur Tjahjo.

Menteri Tjahjo memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Banggai yang mendapatkan predikat A, karena telah bersungguh-sungguh melakukan berbagai upaya perbaikan sehingga tercipta penggunaan anggaran yang lebih efektif dan efisien.

Di sisi lain, Herwin menuturkan bahwa penghargaan Akuntabilitas Kinerja 2019 yang diraih Pemkab Banggai tidak hanya dijadikan sebatas seremonial. Namun, harus menjadi motivasi pemerintah daerah untuk terus memaksimalkan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Prestasi bergengsi itu menjadi salah satu bukti kinerja Herwin Yatim memajukan Kabupaten Banggai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News