Pemkab Sertakan Modal untuk BUMD

Pemkab Sertakan Modal untuk BUMD
Pemkab Sertakan Modal untuk BUMD
CILACAP-Sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tahun ini mendapatkan penyertaan modal dari Pemkab Cilacap menyusul ditetapkannya Perda tentang penyertaan modal daerah Kabupaten Cilacap kepada BUMD pada rapat paripurna yang digelar Rabu (12/12).

Ketua Komisi B DPRD Cilacap, Kustiwa mengatakan,  penyertaan modal  masing-masing diberikan untuk PDAM, Perusda Percetakan, Apotek Cahaya Husada dan BPR-BKK.  PDAM,  tahun  ini mendapatkan penyertaan modal sebesar Rp 5 miliar, terdiri dari Rp 1,5 miliar setoran tunai tahun 2012 dan Rp 3,5 miliar dalam bentuk hibah air minum bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Menurut Kustiwa, dengan  penambahan hibah ini diharapkan layanan PDAM bisa terjangkau masyarakat berpenghasilan rendah. Mereka dimodali pemasangan dan setelah ada pembayaran dua bulan, maka dana hibah ini akan diganti oleh pemerintah pusat. Dana tersebut akan masuk ke kas daerah.

Kustiwa mengatakan, keuntungan PDAM pada beberapa tahun ini cukup menggembirakan. Setahun bisa mencapai Rp 5 miliar. Dari pemasukan ini, sebanyak 35 persen untuk Pendapatan Asli daerah (PAD), 40 persen untuk pengembangan, 10 persen dana pensiun, 10 persen dana sosial dan 5 persen CSR.

CILACAP-Sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tahun ini mendapatkan penyertaan modal dari Pemkab Cilacap menyusul ditetapkannya Perda tentang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News