Pemko Perkirakan Buka Lowongan 236 Calon PPPK

Pemko Perkirakan Buka Lowongan 236 Calon PPPK
Siap-siap jelang seleksi calon PPPK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BATU - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu, Jatim, Siswanto menyatakan, pihaknya menyambut positif rencana pemerintah membuka seleksi calon PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Sebab, Pemko Batu masih kekurangan pegawai.

Pihaknya sudah menghitung kebutuhan tenaga di Pemkot Batu sebanyak 236 orang. Pada seleksi CPNS sebelumnya, ada 217 pendaftar yang lolos seleksi.

Dengan demikian, 19 kursi tidak terisi. Di antaranya untuk formasi guru agama Kristen, prakarya, guru TK, arsiparis, dan pranata kearsipan.

”Meski mereka (217 pendaftar) lolos dalam seleksi tahap pertama, belum tentu bisa lolos dalam tahap berikutnya,” ucapnya.

Rencananya, seleksi calon PPPK akan dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhannya.

”Pastinya kapan, kami masih belum tahu. Jadi, kami masih menunggu keputusan dari Kemen PAN-RB,” kata dia.

Sesuai Pasal 16 UU 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, ada beberapa syarat mendaftar sebagai calon PPPK.

Di antaranya, berusia minimal 20 tahun, tidak pernah dipidana dengan hukuman maksimal 2 tahun atau lebih, tidak bergabung di partai politik (parpol), dan bukan pecatan PNS maupun anggota TNI-Polri.

Pemko Batu Jatim memerkirakan akan membuka sebanyak 236 lowongan calon PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News