Pemkot Bandung Diharapkan Lebih Serius Garap LRT

Pemkot Bandung Diharapkan Lebih Serius Garap LRT
Pemkot Bandung Diharapkan Lebih Serius Garap LRT

jpnn.com - BATUNUNGGAL – Rencana Pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Kota Bandung diharapkan bisa segera terwujud selama lima tahun ke depan. Untuk itu, Pemkot Bandung harus merangkul berbagai stakeholder yang terlibat di dalamnya.

Ketua Japan Smart City Alliance Masaki Umejima mengatakan, Pemkot Bandung bersama stakeholder harus lebih fokus dalam mengembangkan LRT. Pengembangan LRT juga harus terus dimatangkan agar terealisasi.

”Agar bisa segera terwujud, pemerintah harus fokus pada pengembangan pembangunan LRT,” kata Umejima kepada wartawan saat kegiatan Indonesia Smart City Forum di Trans Luxury Hotel Bandung kemarin (3/9).

Umejima menjelaskan, dalam hal ini pemerintah harus kolaborasi dengan masyarakat agar pembangunan LRT bisa terealisasi. Karena faktor terbesar untuk implementasi LRT yang merupakan bagian dari konsep smart city kerap berbenturan dengan masyarakat seperti pembebasan lahan. ”Kalau mau terwujud harus merangkul masyarakat yang terkena imbas dari pembangunan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, pakar transportasi ITB Soni Sulaksono mengungkapkan, dalam lima tahun ke depan Kota Bandung harus membuat kebijakan tegas. Agar pembangunan LRT tidak terhambat, salah satunya merumuskan pembebasan lahan. Menurutnya, selama ini pembebasan lahan selalu menjadi kendala pemerintah dalam pengembangan transportasi di Kota Bandung.

”Dulu proyek pembangunan jembatan layang Pasopati saja memakan waktu lama hingga sepuluh tahun untuk pembebasan lahan,” paparnya.

Lebih lanjut Soni menegaskan, oleh karenanya, pembebasan lahan untuk infrastruktur LRT tersebut memang perlu didiskusikan secara intensif bersama masyarakat yang terkena dampak termasuk persoalan lainnya. Dia berharap, dalam lima tahun ke depan Kota Bandung harus memiliki LRT.

”Konsekwensi pembebasan lahan harus didiskusikan dengan masyarakat Bandung, kemauannya apa? Sebab pembangunan LRT akan memakan waktu yang cukup lama dan membuat kemacetan saat membangun infrastruktur,” pungkasnya. (dn/fik/dil/jpnn)


BATUNUNGGAL – Rencana Pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Kota Bandung diharapkan bisa segera terwujud selama lima tahun ke depan. Untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News