Pemprov DKI Fokus Transportasi Massal

Pemprov DKI Fokus Transportasi Massal
MACET PARAH: Suasana lalu lintas di Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta pada Minggu (26/8) sore yang tampak macet parah. Foto: M Amjad/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah fokus pada penyediaan moda transportasi massal. Karena ketersediaan angkutan massal tersebut bisa menjadi solusi pada penerapan sistem Electronic road pricing (ERP).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membenarkan bahwa pihaknya tengah fokus pada perluasan moda transportasi massal yang terintegrasi di Jakarta. Karena pembatasan kendaraan pribadi di Jakarta membutuhkan solusi moda transportasi massal. “ERP kan butuh angkutan massal yang memadai. Jadi kita fokus pada perluasan integrasi transportasi massal," ujar Anies Baswedan di Jakarta, Selasa (6/11).

Melalui program ERP, Anies katakan tidak ingin terkesan membatasi dan menghukum masyarakat lewat kebijakan jalan berbayar. Meskipun demikian, program tersebut harus diikuti ketersediaan angkutan umum massal.

“Jadi saat angkutan umum massal sudah siap, saat penerapan ERP masyarakat sudah bisa beralih dari kendaraan pribadi ke moda trnsportasi massal yang ada,” terangnya.

Anies ingin penerapan ERP dilakukan setelah moda transportrasi massal di Jakarta sudah terpenuhi semua.

Sebelumnya, anggota DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, kebijakan Pemprov DKI untuk mengatasi kemacetan di DKI Jakarta sudah cukup kompleks. Dari penerapan hingga perpanjangan sistem ganjil genap dan rencana penerapan ERP.

“Saya menilai penerapapan semua kebijakan itu, karena Pemprov DKI belum siap dengan moda transportasi massalnya,” ujarnya.

Setelah penerapan sistem ganjil genap yang belum cukup berhasil mengatasi kemacetan di Jakarta, Ketua fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta ini mengingatkan, agar Pemprov DKI segera memberlakukan sistem ERP. “Sistem sebelumnya hanya memindahkan kemacetan. Jadi sistem ERP harus segera diterapkan,” katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah fokus pada penyediaan moda transportasi massal.

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News