JPNN.com

Pemprov DKI Jakarta dan BMKG Raih Penghargaan Bidang Geospasial

Jumat, 23 Agustus 2019 – 01:52 WIB Pemprov DKI Jakarta dan BMKG Raih Penghargaan Bidang Geospasial - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Pertamina Hulu Energi meraih penghargaan GeoInnovation.

Penghargaan itu diberikan dalam acara geospasial terbesar di Indonesia, yakni Esri Indonesia User Conference (EIUC) di Raffles Hotel Jakarta, Kamis (22/8).

EIUC merupakan yang pertama di Indonesia untuk industri geospasial dan bertujuan untuk menampilkan inovasi geospasial yang menginspirasi.

BACA JUGA: Rayakan 50 Tahun Informasi Geospasial Nasional, Esri Indonesia Gelar User Conference

Acara ini memberikan penghargaan kepada organisasi publik dan privat atas teknologi geospasial yang mereka gunakan secara inovatif dalam mengatasi tantangan dunia nyata di industri dan masyarakat.

DKI Jakarta mendapat penghargaan berkat program Jakarta Satu yang bertujuan memanfaatkan teknologi geospasial guna mengintegrasikan, menganalisis, dan menyebarluaskan data spasial dalam rangka mendukung pembuatan kebijakan publik berbasis data.

Kementerian ESDM menyabet penghargaan setelah mengembangkan platform Web-GIS yang disebut ESDM One Map Indonesia dengan menggunakan ArcGIS Enterprise.

Platform itu menawarkan informasi spasial tentang potensi geologis, lapangan kerja, data hulu migas dan infrastruktur daya.

Pertamina Hulu Energi meraih penghargaan setelah mengembangkan platform PHE XD World.

Itu merupakan platform infrastruktur geospasial di mana pengguna PHE dapat mengakses semua informasi yang terkait dengan aset yang mereka butuhkan.

Sementara itu, BMKG meraih penghargaan setelah mengembangkan aplikasi Prakiraan Lalu Lintas Cuaca yang inovatif.

Aplikasi ini merupakan produk informasi cuaca yang dihasilkan dari sistem NDF (Prakiraan Digital Nasional) yang berfungsi sebagai produk darat utama untuk berbagai pulau besar di Indonesia seperti Sumatra, Kalimantan Kalimantan.

“Para pemenang penghargaan GeoInnovation menunjukkan bagaimana teknologi geospasial adalah kunci dalam memungkinkan terjadinya transformasi digital, membangun organisasi yang lebih progresif, dan menciptakan komunitas yang lebih aman,” kata CEO Esri Indonsia Istamar.

Dia menambahkan, para peraih penghargaan sudah menguji sejauh mana teknologi geospasial dapat digunakan untuk memecahkan beberapa masalah yang sangat mendesak dan nyata terjadi yang tidak dapat diselesaikan dengan cara biasa.

“Kami meyakini bahwa upaya mereka akan berkontribusi dalam menginspirasi masyarakat mengenai pola pikir spasial,” ujar Istamar. (jos/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...