Pemudik Bermotor Bakal Makin Banyak

Diprediksi Naik 6 Persen

Pemudik Bermotor Bakal Makin Banyak
Pemudik Bermotor Bakal Makin Banyak
JAKARTA - Mudik lebaran menggunakan sepeda motor diperkirakan masih menjadi pilihan bagi sebagian pemudik menuju kampung halamannya. Kementerian Perhubungan (kemenhub) memperkirakan, jumlah pemudik dengan sepeda motor mengalami peningkatan hingga mencapai enam persen dibanding tahun lalu.

"Untuk seluruh wilayah Indonesia, peningkatan itu bisa mencapai enam persen dari tahun lalu," ujar Kepala Pusat Komunikasi Kemenhub Bambang Ervan kepada koran ini, Sabtu (14/7). Jika tahun lalu jumlah pemudik dengan sepeda motor adalah 2,36 juta orang, tahun ini diperkirakan mencapai 2,5 juta pemudik.

   

Seperti tahun sebelumnya, lanjut Bambang, Kemenhub mengimbau pemudik untuk memanfaatkan truk dan kapal yang disiapkan untuk mengangkut motornya. Sementara pemudik akan diantar menuju kampung halaman dengan menggunakan bus. "Dari Jasa Raharja ada 300 bus. Tahun lalu hanya 250 bus," katanya.

   

Kemenhub juga membuat kesepakatan dengan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) atau swasta untuk memfasilitasi pemudik dengan sepeda motor. Sejauh ini, kata Bambang, hal tersebut bisa berjalan baik mengingat pemudik biasanya melakukan perjalanan secara rombongan atau dalam komunitas tertentu.

JAKARTA - Mudik lebaran menggunakan sepeda motor diperkirakan masih menjadi pilihan bagi sebagian pemudik menuju kampung halamannya. Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News