Pemukiman Sudah Kosong, Ribuan Eks Gafatar Siap Dipulangkan

Pemukiman Sudah Kosong, Ribuan Eks Gafatar Siap Dipulangkan
Kondisi Pemukiman Eks Gafatar yang terus dikosongkan/ Rakyat Kalbar

jpnn.com - SUNGAI RAYA- Tiga ribu jiwa eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang sudah berhasil didata kini ada di dipengungsian terakhir, di Kota Pontianak. Mereka masih menunggu eks Gafatar lainnya yang masih dalam perjalanan menuju Kota Pontianak sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

Kapendam XII Tanjungpura, Kolonel inf Mukhlis mengatakan, data sementara yang masuk ke Kodam XII Tanjungpura sebanyak 1.850 pengungsi. Mereka ditampung di dua tempat. Sebanyak 1.410 jiwa ditampung di Markas Bekangdam dan 448 jiwa ditempatkan di Kompi B Kodam XII Tanjungpura.

“Tapi ada yang lain yang belum masuk ke kami. Contohnya informasi dari Putussibau sekitar 104 jiwa eks Gafatar masih dari dalam perjalanan menuju Kota Pontianak,” ungkap Mukhlis saat ditemui Rakyat Kalbar (grup JPNN) di lokasi pengungsian eks Gafatar, 

Tidak hanya dari Putussibau, eks Gafatar di daerah lain juga diberangkatkan menuju Kota Pontianak. Meliputi daerah Sambas, Ketapang, Sanggau dan Sintang. 

“Tapi tidak sebanyak dari derah Mempawah. Semuanya masih dalam perjalanan,” papar Mukhlis seraya mengatakan, evakuasi mengedepankan kemanusiaan.

Warga eks Gafatar yang ditampung kebanyakan dari pulau Jawa. Ada juga dari Sumatera, Medan dan daerah lainnya, termasuk DKI. “Insya Allah kalau tidak halangan, besok (hari ini) yang dari Jawa akan dipulangkan menggunakan KM Gilitamu milik Angkatan Laut. Diprediksi sekitar 350 orang yang dipulangkan duluan, dengan tujuan Semarang,” jelas Mukhlis. (rakyatkalbar/dkk/jpnn)


SUNGAI RAYA- Tiga ribu jiwa eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang sudah berhasil didata kini ada di dipengungsian terakhir, di Kota Pontianak.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News