Penawaran Tender BII Oleh Maybank Tuntas

Maybank Tempatkan Wakil di Direksi dan Komisaris

Penawaran Tender BII Oleh Maybank Tuntas
Penawaran Tender BII Oleh Maybank Tuntas
JAKARTA - Penawaran tender (tender offer) atas saham publik di PT Bank International Indonesia Tbk (BII) oleh Maybank (Malayan Banking Berhad) akhirnya tuntas Senin (1/12), menyusul pembelian saham milik Konsorsium Sorak.

Wakil Presdir BII Sukatmo Padmosukarso menyatakan, semua saham publik yang dilepas ke Maybank telah dibayar kemarin. ''Hari ini (kemarin, Red) selesai. Semua telah dibayar,'' ujarnya seusai RUPSLB di Jakarta kemarin. Saat ini, Maybank menguasai sekitar 97 persen saham BII. Pasca-tender offer, pemegang saham pengendali akan langsung fokus mengembangkan bisnis BII.

CEO dan Direktur Eksekutif Maybank Dato' Sri Abdul Wahid bin Omar menyebut, closing transaksi tender offer terjadi pada 19 November lalu dan tuntas dibayar kemarin. Selanjutnya, Maybank mempunyai komitmen untuk menginjeksikan modal beberapa tahun mendatang. Namun, jumlahnya belum dapat diungkapkan. ''Kinerja BII sudah cukup baik. Untuk tambahan modal di masa mendatang, kami punya komitmen,'' tuturnya.

Maybank membeli 56,8 persen saham BII milik Konsorsium Sorak, yang terdiri Fullerton Financial Holdings (anak perusahaan Temasek Singapura) dan Kookmin Bank Korsel. Nilai akuisisinya mencapai USD 1,5 miliar (sekitar Rp 13,65 triliun). Proses tender offer oleh bank terbesar di Malaysia tersebut sempat berlarut-larut. Tender offer dilakukan di harga Rp 510 per saham.

JAKARTA - Penawaran tender (tender offer) atas saham publik di PT Bank International Indonesia Tbk (BII) oleh Maybank (Malayan Banking Berhad) akhirnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News