Pendaftaran CPNS 2023 & PPPK Dimulai, Beli Meterai Elektronik di Mana? Nih

Pendaftaran CPNS 2023 & PPPK Dimulai, Beli Meterai Elektronik di Mana? Nih
Meterai Elektronik atau e-meterai yang harus disiapkan para pelamar CPNS 2023 dan PPPK 2023. Foto: Humas DJP/antara

jpnn.com - JAKARTA – Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK dijadwalkan mulai dibuka hari ini, Minggu 17 September hingga 6 Oktober mendatang.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku ketua Panselnas CASN 2023 sudah mengatakan hingga Sabtu belum ada rencana perubahan jadwal pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK.

Dengan demikian, para calon pelamar CPNS dan PPPK 2023 sebaiknya sudah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, termasuk meterai elektronik atau e-meterai.

Diketahui, BKN menyediakan portal pendaftaran melalui Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) dengan fitur tambahan berupa ASN Karier untuk membantu calon pelamar mendapat keterangan terkait rincian jabatan yang dibuka pada seleksi CPNS dan PPPK.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menjelaskan pihaknya kerja sama dengan beberapa instansi pemerintah. Misal soal akses penyediaan jaringan komunikasi data penyelenggaraan, Panselnas CASN bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI).

Urusan monitoring infrastruktur dan keamanan teknologi informasi kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Penyediaan elektronik materai bekerja sama dengan Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Terkait dengan sejumlah formasi jabatan yang akan dibuka seperti tenaga kesehatan dan Guru, BKN telah mengintegrasikan portal SSCASN dengan data Dapodik dari Kemendikbud dan SISDMK dari Kemenkes.

Guna mendukung kelancaran pembuatan akun SSCASN, BKN juga melakukan integrasi dengan Dukcapil dari Kemendagri selaku instansi yang bertanggung jawab penuh atas data kependudukan.

Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK dimulai hari ini, para calon pelamar harus menyiapkan meterai elektronik atau e-meterai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News