Pendaftaran CPNS Belum Capai Target, Server BKN Ngadat Terus

Pendaftaran CPNS Belum Capai Target, Server BKN Ngadat Terus
Suasana pendaftaran CPNS. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, GRESIK - Pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) hingga kemarin sore (7/10) tembus 3.546 peserta di Gresik, Jatim.

Mereka terdata di server Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat. Lowongan guru paling diminati.

Kepala Bidang Data, Formasi, dan Pengembangan BKD Gresik Reza Pahlevi mengatakan, semua bidang formasi sudah terisi.

Baik pendidikan, kesehatan, maupun tenaga teknis dinas. "Tapi, memang yang paling banyak guru. Khususnya guru SD," ujarnya.

Menurut Reza, sekolah di wilayah perkotaan masih menjadi pilihan favorit para pelamar. Itu terlihat dari jumlah pelamar asal wilayah Gresik Selatan dan Utara.

Mereka tidak memilih sekolah yang dekat dengan tempat tinggal. Para pelamar justru meminati sekolah di wilayah kota. Yaitu, Gresik, Manyar, dan Kebomas.

Masing-masing pelamar punya strategi agar memiliki peluang diterima. Salah satunya melihat jumlah pelamar yang sudah mendaftar di sekolah pilihan. Misalnya, SD A butuh 27 guru. "Kalau ternyata jumlah yang daftar sudah dua kali lipatnya, biasanya banyak yang pindah ke sekolah lain," terangnya.

Di bidang kesehatan, kata Reza, pendaftar paling banyak dari profesi perawat. Pelamar untuk tenaga teknis dinas paling banyak dari bidang akuntansi. Rata-rata perempuan.

Antusiasme dan semangat para pelamar tidak didukung fasilitas pendaftaran yang memadai karena server BKN pusat yang masih sering ngadat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News