Penderita HIV/AIDS 203 Orang

Penderita HIV/AIDS 203 Orang
Penderita HIV/AIDS 203 Orang
PATI - Penderita HIV/AIDS di Pati dalam beberapa bulan terakhir ini semakin bertambah. Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati, jumlah Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) mengalami peningkatan yang cukup berarti. "Jumlah ODHA pada Februari ada sekitar 186 penderita, sedangkan memasuki Agustus sudah mencapai 203 orang. Bila dibandingkan dengan Februari lalu, penambahannya cukup signifikan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati, Edi Sulistiyono, melalui Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan Joko Subiyono.

Menurut Joko, peningkatan ODHA di Kabupaten Pati ini, sebagian besar temuan pada layananan klinik Konseling dan Tes Sukarela (Voluntary Counseling Test/VCT) HIV/AIDS RSUD RAA Suwondo Pati. "Belakangan orang-orang dengan perilaku seks bebas atau menyimpang, mulai sadar memeriksakan kesehatannya ke layanan VCT," jelas Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan Dinkes Pati.

Selain itu, beberapa di antaranya juga ada yang disinyalir ditemukan di sejumlah tempat-tempat prostitusi. Namun dari jumlah tersebut, diakui ada di antaranya dari luar daerah Kabupaten Pati. Ia menambahkan, beberapa upaya telah dilakukan dengan penyuluhan di beberapa lokasi di Pati. Namun untuk mencegah menjalarnya virus ini tergolong sulit. Kendati penyuluhan kesehatan gencar dilakukan oleh Dinas Kesehatan Pati. "Tampaknya tren penyakit satu ini terus bertambah," imbuhnya.(ali/joe)

PATI - Penderita HIV/AIDS di Pati dalam beberapa bulan terakhir ini semakin bertambah. Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati, jumlah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News