Penderita Suspect Mers-CoV di Padang Terus Bertambah

Penderita Suspect Mers-CoV di Padang Terus Bertambah
Penderita Suspect Mers-CoV di Padang Terus Bertambah

jpnn.com - PADANG - Satu lagi pasien suspect virus MERS-CoV bertambah dan saat ini dirawat di ruangan isolasi penyakit dalam RSUP M Djamil, Selasa (13/5) siang.

Sejauh ini sudah enam orang pasien suspect virus berbahaya tersebut yang dirawat di rumah sakit ini sejak satu minggu terakhir. Sementara, satu dari lima pasien yang dirawat tersebut juga sudah diperbolehkan pulang, karena kondisinya sudah membaik.

”Pasien yang pulang dengan inisial SH (63), warga Jalan Banda Aceh, Siteba. Pasien ini diperbolehkan pulang karena hasil labor yang dikirim ke Jakarta negatif dan kondisi kesehatannya juga sudah membaik,” kata Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP M Djamil, Gustafianof, kemarin.

Selain itu, tiga pasien yang hasil labornya negatif menurut rencana akan dipindahkan ke ruangan lain. Ruangan mereka disesuaikan dengan hasil diagnosa masing-masing. Seperti penyakit jantung, paru dan penyakit dalam. Mereka adalah ZB (86) warga Kota Pariaman, NR (77), warga Sauik Laweh, Akabiluru, Kabupaten 50 Kota, NM (62), warga Jorong Koto Gadang Palembayan, Kabupaten Agam. Sedangkan SY (61), warga Lubeg Padang, yang masuk pada Senin (12/5), hasil labornya belum keluar dari Kemenkes RI.

“Saat ini, kami masih menunggu hasil labor lendir dua pasien suspect MERS. Satu warga Padang, satu lagi warga Padang Pariaman yang baru masuk hari ini (kemarin). Mereka tetap dirawat di ruangan isolasi,” ujar Gustafianof.

Menurutnya, pasien suspect MERS-CoV yang masuk Selasa siang (13/5) datang sendiri ke M Djamil tanpa rujukan dari rumah sakit atau puskesmas sebab pasien menderita gejala mirip MERS, setelah pulang umrah tiga hari yang lalu.

Pasien berinisial NR (78) itu langsung dirawat di ruangan isolasi bagian penyakit dalam. Pasien asal Padang Pariaman tersebut menderita demam, batuk dan sesak napas. Sebagaimana diketahui M Djamil menerima pasien suspect MERS sejak satu minggu terakhir.

Pasien ini mengalami gejala mirip MERS setelah pulang menjalankan ibadah umrah. Mereka ada yang dirujuk dari layanan kesehatan daerah masing-masing, ada pula yang datang sendiri, sebagai antisipasi dari virus mematikan tersebut.

PADANG - Satu lagi pasien suspect virus MERS-CoV bertambah dan saat ini dirawat di ruangan isolasi penyakit dalam RSUP M Djamil, Selasa (13/5) siang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News