JPNN.com

Pendiri WikiLeaks Julian Assange Ditahan Polisi Inggris

Kamis, 11 April 2019 – 22:00 WIB Pendiri WikiLeaks Julian Assange Ditahan Polisi Inggris - JPNN.com

Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, telah ditangkap dan dipindahkan dari Kedutaan Ekuador di London, Inggris.

Poin utama:

• Assange ditangkap karena "gagal memenuhi perintah pengadilan" pada tahun 2012, kata polisi
• Ia telah ditahan dan akan muncul di pengadilan sesegera mungkin
• Polisi diundang ke kedutaan setelah Pemerintah Ekuador menarik suakanya

Warga Australia, yang telah tinggal di Kedutaan Ekuador selama hampir tujuh tahun, ini ditangkap karena "gagal memenuhi perintah pengadilan" pada tahun 2012, kata Layanan Polisi Metropolitan London (MPS).

Video yang diposting di media sosial menunjukkan lebih dari enam petugas mengeluarkan Assange dari kedutaan dan menempatkannya di kendaraan polisi.

"Ia telah ditahan di kantor polisi pusat London di mana ia akan mendekam sementara, sebelum diajukan ke Pengadilan Magistrasi Westminster sesegera mungkin," kata MPS dalam sebuah pernyataan.

"MPS memiliki tugas untuk mengeksekusi surat perintah itu, atas nama Pengadilan Magistrasi Westminster, dan diundang ke kedutaan oleh duta besar, setelah penarikan suaka oleh Pemerintah Ekuador." Pendiri WikiLeaks Julian Assange Ditahan Polisi Inggris Photo: Sebuah mobil van polisi diparkir di luar Kedutaan Ekuador di London, setelah pendiri WikiLeaks ditahan oleh polisi. (AP: Rebecca Brown)

Presiden Ekuador, Lenin Moreno, mengatakan negaranya menarik status suaka Assange "setelah pelanggaran berulang-ulang yang dilakukannya terhadap konvensi internasional dan prosedur kehidupan sehari-hari".

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...