Peneliti: Es Antartika Mencair 10 Kali Lebih Cepat

Peneliti: Es Antartika Mencair 10 Kali Lebih Cepat
Peneliti: Es Antartika Mencair 10 Kali Lebih Cepat

jpnn.com - SYDNEY - Es di benua Antartika mengalami pencairan 10 kali lebih cepat daripada 600 tahun lalu. Dari berbagai proses pencairan, terparah terjadi sejak 50 tahun terakhir. Demikian hasil temuan yang diperoleh sebuah tim peneliti gabungan Australia dan Inggris.


Dijelaskan, sebuah tim peneliti dari Universitas Nasional Australia (ANU) dan British Antarctic Survey melakukan pengeboran sepanjang 364 meter Pulau James Ross di Benua Utara tersebut untuk mengukur suhu di daerah itu pada masa lalu.


Dengan mengukur ketebalan lapisan yang mencair, para ilmuwan mampu memeriksa bagaimana sejarah pencairan es, dibandingkan dengan perubahan suhu pada inti es selama 1.000 tahun terakhir.


"Kami menemukan bahwa kondisi yang paling dingin di Semenanjung Antartika dan jumlah terendah musim panas mencair terjadi sekitar 600 tahun lalu," kata tim penulis Nerilie Abram seperti dilansir asiaone (15/4).


Pada waktu itu, suhu sekitar 1.6 Celsius lebih rendah daripada yang tercatat di akhir abad ke-20 dan jumlah tahunan salju yang meleleh pembekuan sekitar 0,5 persen. "Hari ini, kita melihat hampir 10 kali lipat lebih banyak dari salju tahunan yang mencair setiap tahun," tambahnya.


Sementara, suhu di daerah ini secara bertahap meningkat selama ratusan tahun. Namun, sebagian besar intensifikasi pencairan telah terjadi sejak pertengahan abad 20. Hasil penelitian itu dipublikasikan dalam jurnal Nature Geoscience.


"Ini memiliki implikasi penting untuk mengetahui ketidakstabilan es dan efek kenaikan permukaan laut karena pemanasan iklim global," ungkapnya.


Robert Mulvaney, dari British Antarctic Survey, menyatakan, pihaknya memiliki catatan atas intensitas pencairan es di semenanjung ini. Hal tersebut sangat penting karena gletser dan es abadi pelan-pelan menghilang akibat pemanasan iklim. (esy/jpnn)

SYDNEY - Es di benua Antartika mengalami pencairan 10 kali lebih cepat daripada 600 tahun lalu. Dari berbagai proses pencairan, terparah terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News