Penembak 13 Militer AS Terancam Hukuman Mati

Penembak 13 Militer AS Terancam Hukuman Mati
Penembak 13 Militer AS Terancam Hukuman Mati

jpnn.com - NEWYORK---Pengadilan militer AS memutuskan bersalah atas seorang psikiater militer karena sengaja membunuh 13 rekannya dalam penembakan di Fort Hood, Texas tahun 2009.

Juri yang terdiri dari 13 perwira militer hari Jumat menyatakan Mayor Nidal Hasan bersalah melakukan pembunuhan berencana terhadap personil militer yang sedang bersiap berangkat ke medan perang di Irak dan Afghanistan. Ia juga dinyatakan bersalah sengaja melukai 32 lainnya.

Menurut laman foxnews (23/8), muslim kelahiran Amerika itu mengatakan ia "beralih pihak" mengenai dan melakukan serangan itu guna mencegah personil Fort Hood dikirim memerangi gerilyawan muslim di luar negeri. Juri mempertimbangkan kasus itu selama dua hari sebelum menetapkan vonis bersalah ke semua 45 dakwaan terhadap Hasan.

Mulai Senin, juri yang sama akan mempertimbangkan hukuman, yang bisa mencakup hukuman mati dengan suntikan. Juri juga mendengar kesaksian dari sekitar 90 saksi selama dua minggu ini bahwa Hasan sengaja menembaki tentara di klinik pangkalan militer.

Jaksa penuntut militer Kolonel Steve Hendricks, dalam argumen penutup hari Kamis mengatakan, Hasan memutuskan membuat klinik itu zona kematian dalam penembakan itu. Menurut Hendricks, Hasan "tanpa ragu sama sekali telah merencanakan pembunuhan itu."

Para juri tidak punya banyak bahan pertimbangan dari Hasan, yang bertindak sebagai pengacara untuk dirinya sendiri. Hasan melewatkan kesempatan membuat pernyataan akhir kepada juri yang menentukan nasibnya, tidak menghadirkan saksi yang meringankan dalam persidangan dan menolak memberi kesaksian.

Penasihat hukumnya mengatakan Hasan tidak banyak berbuat dalam ruang sidang untuk membantah dakwaan karena mereka merasa  ingin dinyatakan bersalah melakukan pembunuhan berencana supaya bisa mendapat hukuman mati.

Dalam pernyataan pembukaan singkat di persidangan, Hasan mengatakan bukti dalam pengadilan akan "jelas menunjukkan" dirinya adalah penembaknya.

NEWYORK---Pengadilan militer AS memutuskan bersalah atas seorang psikiater militer karena sengaja membunuh 13 rekannya dalam penembakan di Fort Hood,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News