Penembakan Kelly Kwalik Bukan Solusi Bagi Papua

Penembakan Kelly Kwalik Bukan Solusi Bagi Papua
Penembakan Kelly Kwalik Bukan Solusi Bagi Papua
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR asal Papua, Yorrys Raweyai, menyesalkan terjadinya penembakan yang menewaskan pimpinan organisasi Papua Merdeka (OPM) Kelly Kwalik oleh Detasemen Khusus (Densus) 88, Rabu (16/12) sekitar pukul 03.00 Wit di Kwangki Lama, Mimika, Kabupaten Mimika. Menurut Yorrys, masyarakat Papua itu butuh dialog, bukannya letupan senjata.

"Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah berulangkali menegaskan bangsa besar ini harus menyelesaikan berbagai konflik internalnya dengan cara-cara dialog. Mestinya upaya dialog itu yang didorong bersama-sama. Tetapi yang terjadi sebaliknya, ternyata tindak kekerasan oleh aparat kepolisian masih terjadi," kata Yorrys Raweyai, di press room DPR, Senayan Jakarta, Kamis (17/12).

Ditegaskannya, penyelesaian masalah Papua harus dilakukan dengan dialog terbuka dan demokratis, tanpa adanya senjata di antara masyarakat asli Papua dan masyarakat lainnya yang menghuni Papua.

Yorrys juga membantah terhadap tudingan yang menyebut-nyebut Kelly Kwalik sebagai Panglima OPM. "Mana buktinya Kelly Kwalik itu panglima. Dia sendiri ternyata tidak bersenjata dan juga tidak punya para pengawal apa-apa," tegasnya.

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR asal Papua, Yorrys Raweyai, menyesalkan terjadinya penembakan yang menewaskan pimpinan organisasi Papua Merdeka (OPM)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News