Hutan Mangrove Indonesia Tinggal Setengah

Pemerintah Bangun i-DAS

Hutan Mangrove Indonesia Tinggal Setengah
Hutan Mangrove Indonesia Tinggal Setengah
JAKARTA – Dirjen Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial (Dirjen RLPS) Departemen Kehutanan, Indriastuti, mengungkapkan bahwa kerusakan hutan mangrove di Indonesia mencapai lima puluh persen. Dari 7,7 juta hutan mangrove, yang tersisa saat ini tinggal 3,85 juta.

“Hutan mangrove sekitar 7,7 juta hektar dan 50 persen rusak,” kata Indriastuti dalam sebuah diskusi di Gedung Manggala Wana Bakti, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta, Kamis (17/12). Menurut Indriastuti, kerusakan itu diakibatkan prilaku masyarakat di daerah sekitar pesisir. Karena itu, pihaknya melakukan operasi setiap bulan untuk melindungi hutan-hutan mangrove yang tersisa.

Indriastuti mencontohkan hutan mangrove yang ada di Muara Angke Kapuk, Jakarta Utara. “Kerusakan hutan disana karena banyak penambak. Tapi kita rangkul mereka untuk merehabilitasinya,” katanya.

Program rehabilitasi hutan mangrove juga melibatkan instansi lain seperti Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP). Sedangkan Dephut menurunkan dua Unit Pelaksana Teknis (UPT). Khusus di daerah Kawasan Timur Indonesia (KTI), UPT Balai Pengelola Mangrove di Bali, sedangkan Indonesia bagian barat di pusatkan di Medan, Sumatera Utara.

JAKARTA – Dirjen Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial (Dirjen RLPS) Departemen Kehutanan, Indriastuti, mengungkapkan bahwa kerusakan hutan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News