Penerimaan Pajak Terancam Ekonomi Global

Ditjen Cabut 300 Ribu Status Pengusaha Kena Pajak

Penerimaan Pajak Terancam Ekonomi Global
Penerimaan Pajak Terancam Ekonomi Global
JAKARTA - Sektor perpajakan mencatat kinerja menggembirakan sepanjang paro pertama 2012. Namun, ancaman pelemahan ekonomi global mengintai pada paro kedua tahun ini.

       

Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Fuad Rahmany mengatakan, kinerja penerimaan pajak sepanjang awal tahun hingga akhir Agustus lalu sudah cukup baik. "Tapi, untuk semester ke dua, kita waspadai ancaman ekonomi global, itu bisa melemahkan penerimaan pajak," ujarnya, akhir pekan lalu.

       

Menurut Fuad, selama ini tren penerimaan pajak pada semester II biasanya lebih tinggi dibandingkan semester I. Namun, tahun ini, tren tersebut bisa saja berubah karena faktor ekonomi global. "Kita lihat, pertumbuhan ekspor melambat, harga komoditas pertambangan juga turun," katanya.

Melambatnya pertumbuhan perdagangan internasional (ekspor-impor) akan berimbas pada penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) maupun Pajak Penghasilan (PPh) industri yang berorientasi ekspor. Selain itu, melemahnya harga komoditas juga akan menurunkan setoran PPh industri sektor tambang.

JAKARTA - Sektor perpajakan mencatat kinerja menggembirakan sepanjang paro pertama 2012. Namun, ancaman pelemahan ekonomi global mengintai pada paro

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News