Penetapan Juknis Penanganan Guru Nakal Masih Alot

PB PGRI Bertemu Jajaran Mabes Polri Hari Ini

Penetapan Juknis Penanganan Guru Nakal Masih Alot
Penetapan Juknis Penanganan Guru Nakal Masih Alot
JAKARTA - MoU Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dengan Mabes Polri tentang penanganan guru pelanggar kode etik ternyata belum berjalan. Padahal kesepakatan ini sudah diteken Januari. Kendala penerapan MoU itu adalah belum keluarnya petunjuk teknis (juknis) oleh Mabes Polri.

Ketua PB PGRI Sugito kemarin (18/11) mengatakan, MoU itu masih sebatas pondasi umum saja. "Belum bisa diterapkan karena juknisnya atau SOP-nya (Standard Operational Procedure, red) belum ditetapkan polisi," kata dia.

Sehingga sejak Januari lalu masih banyak guru yang masih dipolisikan karena kesalahan-kesalahan sepele. Misalnya menghukum siswa dengan cara mencubit, memukul, atau membentak. Dia berharap praktek mempolisikan guru yang terlibat kasus-kasus seperti tadi tidak terjadi lagi tahun depan.

Menurut Sugito MoU itu harus segera bisa dijalankan. Caranya adalah dengan mempercepat pembahasan SOP penanganan pelanggaran kode etik guru antara PGRI dengan Mabes Polri. Dia mengatakan jika hari ini (19/11) tim dari PGRI akan bertemu tim dari Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.

JAKARTA - MoU Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dengan Mabes Polri tentang penanganan guru pelanggar kode etik ternyata belum berjalan. Padahal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News