Pengadilan Baru Hukum Pembalak Kelas Teri

Pengadilan Baru Hukum Pembalak Kelas Teri
Pengadilan Baru Hukum Pembalak Kelas Teri
JAKARTA - Berdasarkan pemantauan Indonesia Corruption Watch (ICW), selama empat tahun terakhir, dari 205 orang pelaku illegal logging yang telah diadili hanya 40 orang atau 19,51% yang tergolong pelaku utama. Selebihnya, kelas teri.

Emerson Yuntho dari ICW mengungkapkan, dari jumlah yang cuma 40 orang tersebut, 33 diantaranya mendapatkan vonis bebas. Para pelaku utama ini seperti Direktur, Manajer, Komisari Utama, Pemilik Sawmill, Cukong, penegak hukum, pejabat Dinas Kehutanan, kontraktor, serta Warga Negara Asing.

“Selebihnya 165 orang atau 80,48 % adalah pelaku kelas teri seperti operator, supir truk, dan petani,” katanya. Dari semua yang diproses sedikitnya terdapat 137 orang atau 66,8% yang telah dibebaskan oleh sejumlah Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi di Indonesia.

Selebihnya , 44 orang (21,4 %) divonis dibawah 1 tahun penjara dan 14 orang (6,8 %) yang divonis antara 1 sampai 2 tahun penjara. “Hanya sepuluh orang (4,8 %) yang divonis diatas 2 tahun penjara,” tukasnya.

JAKARTA - Berdasarkan pemantauan Indonesia Corruption Watch (ICW), selama empat tahun terakhir, dari 205 orang pelaku illegal logging yang telah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News