Pengamat: Bicara di Forum Internasional Para Mantan Kepala Negara, AHY Terlihat Makin Berkualitas

Pengamat: Bicara di Forum Internasional Para Mantan Kepala Negara, AHY Terlihat Makin Berkualitas
Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono yang juga Ketua Umum DPP Partai Demokrat tampil memberikan saran solusi dalam forum internasional bernama Club de Madrid (CdM) yang dihadiri puluhan mantan kepala negara di Berlin. Foto: Dok. TYI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai makin menunjukkan kualitas dan kompetensi kepemimpinannya setelah tampil memberikan saran solusi dalam forum internasional, yang dihadiri puluhan mantan kepala negara di Berlin.

“Meskipun singkat, pernyataan AHY mampu merangkum utuh persoalan-persoalan mendasar yang dihadapi dunia dan sekaligus menyodorkan opsi-opsi solusi yang fundamental serta praktis,” kata Bawono Kumoro dari lembaga survei Indikator Politik memberikan penilaian.

Dalam forum Club de Madrid (CdM) yang dihelat selama dua hari, sekitar 40 mantan pemimpin pemerintahan dari negara-negara yang demokratis, saling bertukar pikiran mengantisipasi ancaman terjadinya mega krisis yang multi dimensional.

Ini mencakup perang Rusia-Ukraina yang belum menunjukkan tanda-tanda mereda, ancaman resesi global serta perubahan iklim yang makin tidak menentu.

Berbicara pada hari terakhir, AHY yang hadir dalam kapasitas sebagai Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) menyampaikan pandangannya untuk mencegah krisis ini terjadi makin jauh.

“Tidak ada resep rahasia. Namun izinkan saya untuk menyampaikan tiga catatan yang saya yakin akan sangat penting bagi upaya kita dalam membekali diri untuk mencegah krisis terjadi di masa depan,” kata AHY.

Pertama, kita tidak boleh menunggu sampai krisis dimulai sebelum kita melakukan sesuatu. Di dunia yang penuh ketidakpastian, pencegahan dan kesiapsiagaan akan menjadi makin penting.

“Kita melihat bagaimana dunia telah membayar mahal untuk keterbatasan kita mencegah dan mempersiapkan apa yang mungkin terjadi ke depan. Dunia perlu dibekali dengan kapasitas yang memungkinkan kita untuk selalu siap,” lanjut AHY, yang berpengalaman bertugas di daerah konflik sebagai pasukan perdamaian PBB.

AHY dinilai makin menunjukkan kualitas kepemimpinannya setelah tampil memberikan saran solusi dalam forum internasional yang dihadiri eks kepala negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News