Pengamat Ini Anggap Ganjar Punya Rekam Jejak Positif Mengembangkan UMKM

Pengamat Ini Anggap Ganjar Punya Rekam Jejak Positif Mengembangkan UMKM
Lapak Ganjar Musik ide dari Gubernur Ganjar Pranowo. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat sosial dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Hempri Suyatna menyebut Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo sosok yang punya rekam jejak positif dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Dia menilai selama menjabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar menunjukkan inovasi yang berdampak signifikan untuj UMKM.

"Inovasi-inovasi e-commerce misal Lapak Ganjar, itu kan menyentuh pada pemasaran,"  ujar Hempri kepada awak media, Selasa (26/9).

Menurutnya, inovasi itu seperti program Lapak Ganjar yang memberikan sentuhan baru dalam pemasaran e-commerce, program pelatihan UMKM secara bertahap, dan kemudahan akses perbankan.

Inovasi itu, kata dia, memiliki potensi untuk diterapkan secara nasional karena bisa menjadi bagian penting dari program pengentasan kemiskinan. 

Dia pun menyarankan pemerintah untuk membuat platform e-commerce sendiri untuk mendukung UMKM. 

"Harapan saya pemerintah ke depan bisa membuat e-commerce sendiri untuk mewadahi UMKM. Saya kira kalau pemerintah memiliki e-commerce sendiri yang lebih kuat, akan lebih menarik," katanya.

Ganjar diketahui telah melakukan sejumlah terobosan guna mendorong pertumbuhan UMKM di wilayahnya selama sepuluh tahun menjabat Gubernur Jateng. 

Pengamat sosial dari UGMHempri Suyatna menyebut rekam jejak Ganjar Pranowo selama menjabat Gubernur Jawa Tengah menunjukkan inovasi yang berdampak bagi UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News