Pengamat: Kritik Said Didu Dilandasi Kekecewaan

Pengamat: Kritik Said Didu Dilandasi Kekecewaan
Komisaris PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Said Didu. Foto: JawaPos.com/

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik Karyono Wibowo menilai kritik keras yang dilontarkan oleh Said Didu didasari oleh kekecewaan.

Seharusnya, kritikan mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu diungkap dia saat masih menjabat sebagai Komisaris PT Bukit Asam (PTBA).

“Saya tidak mengatakan ini dendam tapi ini ada dilandasi rasa kekecewaan karena dia diberhentikan sebagai Komisaris, meskipun tentu saja kritik itu boleh saja di dalam negara demokrasi siapapun boleh untuk menyampaikan pendapat,” kata Karyono saat dihubungi, Rabu malam (23/1).

Baca juga: Said Didu Beberkan Jejak-Jejak Kebohongan Jokowi

Kendati demikian, sambung Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) ini, kritik Said Didu kepada pemerintah tentu janggal jika memahaminya secara utuh.

Pasalnya, saat berada di dalam pemerintahan atau ketika masih menjabat sebagai Komisaris PT Bukit Asam, Said tidak pernah mengkritik ataupun tidak berani mengkritik. Sebaliknya ketika di luar baru melakukan kritik.

“Artinya sulit dipungkiri bahwa kritik yang dilakukan Said Didu tidak dilandasi rasa kekecewaan,” ujarnya.

Karyono menambahkan, kritik bisa menjadi objektif ketika didukung oleh fakta-fakta serta data yang akurat. Namun yang dia pahami, kritik yang dilkukan oleh Said memiliki spirit atau semangat kekecewaan.(jpnn)


Analis politik Karyono Wibowo menilai kritik keras yang dilontarkan oleh Said Didu pada Jokowi didasari oleh kekecewaan.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News