Pengamat Nilai Cara Ganjar Mengembangkan UMKM Layak Jadi Contoh Nasional

Pengamat Nilai Cara Ganjar Mengembangkan UMKM Layak Jadi Contoh Nasional
Pengamat ekonomi Harry Seldadyo melihat Ganjar memiliki kapasitas yang luar biasa untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Jateng. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat ekonomi Harry Seldadyo melihat Ganjar memiliki kapasitas yang luar biasa untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Jateng.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinilai sukses mengatasi persoalan pembiayaan hingga membuat UMKM di Jawa Tengah menjadi berkembang.

Bahkan, strategi Ganjar dalam memajukan UMKM dianggap layak untuk di eskalasi secara nasional.

Menurutnya, prestasi Ganjar dalam menumbuhkan UMKM terlihat dari tiga kali penghargaan yang diperoleh dalam sektor pembiayaan bagi UMKM.

“Kita bisa melihat kalau Jawa Tengah tiga kali mendapat mendapatkan penghargaan itu artinya sudah ada jalur yang bisa diikuti dan itu jalur terbukti berhasil, sehingga dia menjadi best practice tepat untuk ditiru,” ujar Harry dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (11/8).

Harry menilai cara Ganjar berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional, karena pembiayaan usaha bagi UMKM merupakan persoalan yang sejak lama tak kunjung bisa diselesaikan. Di Jateng, dia melihat persoalan tersebut berhasil diatasi oleh Ganjar.

“Kalau begitu, ketika terobosan itu sudah diciptakan, ketika aksi itu sudah dibuka, tentu rahasia di balik itu yang perlu mendapatkan perhatian yang lebih jauh dan rahasia itu bisa dibagikan kepada khalayak banyak,” ujarnya.

Harry menambahkan Ganjar bukan hanya berhasil mengembangkan UMKM.

Pengamat ekonomi Harry Seldadyo melihat Ganjar memiliki kapasitas yang luar biasa untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Jateng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News