Pengamat: Pascadebat Capres Ketiga di Pilpres 2024 Menguntungkan Ganjar-Mahfud

Pengamat: Pascadebat Capres Ketiga di Pilpres 2024 Menguntungkan Ganjar-Mahfud
Pasangan capres - cawapres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo - Mahfud Md mengenakan flight jaket atau jaket bomber untuk Debat Capres Ketiga Pemilu 2024, Minggu (7/1/2024). Foto: Tim Media Ganjar - Mahfud

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam mengungkapkan kondisi terkini pascadebat capres ketiga di Pilpres 2024 akan menguntungkan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Hal itu disebabkan pasangan calon Anies-Muhaimin dan Prabowo - Gibran masih berbantah seusai debat, kemarin.

“Jika dua kutub itu terus bertabrakan tiada henti justru pasangan Ganjar - Mahfud yang akan diuntungkan,” tegas Sirokim, Kamis (11/1/2024)

Sebelumnya, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengeklaim elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden mereka mengalami tren kenaikan seusai debat Pilpres 2024.

Menurut Surokim, elektabilitas itu selalu dinamis, kian banyak mendapat sentimen positif dan peningkatan elektoral.

Oleh sebab itu, menurut Surokim, sangat penting untuk memahami pikiran, logika dan opini publik agar bisa melakukan maintenance elektabilitas.

“Masyarakat Indonesia yang high context culture sebenarnya tidak menyukai hal yang ekstrem dan lebih senang hal yang moderat,” terangnya.

Kendati demikian, Surokim menegaskan kerumitan situasi saat ini memengaruhi elektabilitas capres-cawapres.

Surokim Abdussalam mengungkapkan kondisi terkini pascadebat capres ketiga di Pilpres 2024 akan menguntungkan paslon nomori 3 Ganjar - Mahfud.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News