Pengamat Politik: Wajar Media Asing Soroti Perkembangan Demokrasi di Indonesia

Pengamat Politik: Wajar Media Asing Soroti Perkembangan Demokrasi di Indonesia
Pengamat Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Airlangga Pribadi Kusman. ANTARA/Dokumen Pribadi.

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik UNAIR Universitas Airlangga (Unair) Airlangga Pribadi Kusman menilai wajar apabila demokrasi elektoral di Indonesia mendapat sorotan media asing.

Menurut dia, landscape sistem politik di sejumlah negara berkembang yang sebelumnya mengalami transisi politik dari otoritarianisme ke demokrasi tidak hanya menjadi studi para ilmuwan politik, tetapi juga mendapat atensi sejumlah media asing.

Hal itu disampaikan Airlangga Pribadi saat diskusi daring yang digelar oleh Forum Intelektual Muda pada Jumat (19/1/2024) malam.

Diskusi itu mengusung tema "Menyikapi Media Asing yang Soroti Dinasti Politik di Pilpres 2024: Jokowi di Ujung Tanduk?"

Dia menjelaskan proses demokrasi yang terjadi di Indonesia dan beberapa negara sahabat memang tidak pernah lepas dari sorotan media asing. Perkembangan politik di Indonesia juga menjadi kajian politik internasional.

Secara umum, Airlangga menyebut bahwa demokrasi Indonesia mendapatkan apresiasi dari belahan dunia terjadi tahun 1990 hingga 2000-an.

Saat itu, Indonesia dinilai berhasil keluar dari masa transisi hingga ke masa konsolidasi demokrasi.

Sebaliknya, akhir-akhir ini, sorotan media asing terhadap Indonesia antara lain menyebut demokrasi melemah, bahkan mengalami penurunan.

Pengamat Politik UNAIR Universitas Airlangga, Airlangga Pribadi Kusman menilai wajar apabila demokrasi elektoral di Indonesia mendapat sorotan media asing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News