Pengamat Sebut Prabowo Perlu Beri Apresiasi Buat Bambang Haryo Soekartono

Pengamat Sebut Prabowo Perlu Beri Apresiasi Buat Bambang Haryo Soekartono
Karyono Wibowo. Foto: dokpri - source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menyoroti peningkatan suara partai Gerindra di Pilkada Sidoarjo 2020.

Menurut Karyono, meski calon Gerindra yakni Bambang Haryo Soekartono (BHS) kalah, tetapi perlu mendapat apresiasi dari Ketua Gerindra Prabowo Subianto.

"Peningkatan suara kader dalam Pilkada 2020 dapat dikapitalisasi oleh partai untuk memenangi Pemilu 2024," katanya, Minggu (27/12).

Karyono menjelaskan, di Sidoarjo BHS berhasil merebut 38,35% suara atau hanya selisih 1,47% dari calon PKB, partai incumbent.

“Selisih tipis 1,47% sebenarnya berpeluang bagi BHS untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Terlepas dari mengajukan gugatan atau tidak, perolehan suara itu mengafirmasi bahwa BHS diterima oleh masyarakat Sidoarjo,” ujar Karyono.

Menurut dia, suara 38,35% tersebut merupakan dukungan yang cukup besar dari masyarakat dan berpotensi untuk dikapitalisasi oleh Partai Gerindra pada Pemilu 2024.

“Meskipun bukan murni suara Gerindra karena ada partai-partai koalisi dalam Pilkada, tetapi setidaknya itu mencerminkan sebuah dukungan kepada figur BHS di Sidoarjo,” ujarnya.

Karyono mengatakan Partai Gerindra semestinya memandang BHS sebagai kader yang berprestasi dan potensial.

Partai Gerindra semestinya memandang BHS sebagai kader yang berprestasi dan potensial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News