Pengamat: Separoh Hasil Pilkada adalah Maling

Pengamat: Separoh Hasil Pilkada adalah Maling
Pengamat: Separoh Hasil Pilkada adalah Maling
JAKARTA - Pemilu yang dilakukan di Indonesia termasuk yang tersibuk di dunia. Namun, ironisnya pemimpin yang dihasilkan justru buruk bahkan tersangkut berbagai kasus hukum.  Hal ini disampaikan Guru Besar Ilmu Psikologi Universitas Indonesia Prof Dr Hamdi Muluk, Senin (16/4).

 

Menurut dia, dalam 5 tahun Indonesia menggelar 1 kali pilpres, 1 kali pemilu legislatif, 33 pemilu propinsi untuk memilih gubernur dan wakilnya, 93 pemilu kota untuk memilih walikota dan wakilnya, dan 403 pemilu kabupaten untuk memilih bupati dab wakilnya.

”Artinya, dalam 5 tahun kita menggelar 534 pemilu, atau sekitar 45 kali sebulan. Ini belum dihitung pemilihan kepala desa yang jumlahnya 66 ribu kades. Ongkos buat ini semua besar sekali,” terang Hamdi dalam sebuah diskusi di gedung MPR, Jakarta, Senin (16/4).

Namun disayangkannya, separuh dari walikota, bupati yang dipilih melalui pemilukada tersangkut kasus hukum, khususnya korupsi. Belum lagi anggota DPRD yang tersangkut kasus korupsi maupun narkoba.

”Untuk bupati dan wakil bupati saja, sampai tahun 2011 ada 138 bupati dan wakil bupati yang tersangkut kasus hukum. Banyak juga anggota DPRD yang terpilih dalam pemilu juga tersangkut kasus hukum. Artinya sebanyak pemilu yang dibuat, faktanya hanya maling-maling saja yang kita pilih,” terangnya blak-blakan.

JAKARTA - Pemilu yang dilakukan di Indonesia termasuk yang tersibuk di dunia. Namun, ironisnya pemimpin yang dihasilkan justru buruk bahkan tersangkut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News