Pengamat UI: Aneh, Tiba-tiba Freeport Minta Dilindungi Warga Papua

Pengamat UI: Aneh, Tiba-tiba Freeport Minta Dilindungi Warga Papua
Ilustrasi tambang emas/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Muhammad Budyatna menilai Maroef Syamsuddin yang mewakili Freeport Mc Moran di Indonesia tidak tahu malu. Setelah bertahun-tahun menguras kekayaan alam Papua dengan luar biasa, sekarang bertindak seolah-olah mau minta perlindungan pada masyarakat Papua.

"Selama ini Freeport berkolaborasi dengan pemerintah untuk menguras kekayaan alam Papua. Masyarakat Papua harus memahami rakyat Indonesia dan negara Indonesia tidak pernah menikmati kekayaan alam Papua karena yang menikmatinya Freeport dan pejabat pemerintah yang korup. Jadi sangat aneh kalau dia sekarang minta perlindungan masyarakat Papua yang diperas dan disengsarakan oleh Freeport. Lebih aneh lagi kalau permintaan perlindungan ini diberikan oleh masayrakat Papua," kata Muhammad Budyatna, saat dihubungi wartawan, Senin (28/12).

Dia katakan, negara dan masyarakat Indonesia sangat peduli dengan masyarakat Papua. Selama ini alokasi angggaran pembangunan juga diambil dari pajak dan hasil daerah lain. Negara Indonesia tidak dapat apa-apa. 

"Ini seperti mau memanfaatkan dengan membuat isu seolah masyarakat Papua membenci Indonesia. Padahal yang mereka benci justru selama ini adalah Freeport dan pejabat pemerintahan Indonesia yang korup. Mereka tidak pernah membenci Indonesia karena mereka sadar, bukan hanya Papua tidak mendapatkan apapun dari Freeport, bahkan Indonesia membiayai segala bentuk pembangunan di sana," tegasnya.

Selama ini lanjutnya, tuntutan warga Papua dipahami oleh seluruh masyarakat Indonesia agar mereka hidup lebih layak. "Selama ini justru seperti disengaja, agar masyarakat Papua tidak mendapatkan layanan kesehatan, pendidikan dan sebagainya yang layak dari pemerintah. Masyarakat Papua harus sadar, mereka sengsara karena kerjasama negatif antara Freeport dan pejabat di Indonesia. Jadi bukan negara Indonesia yang merugikan mereka," jelasnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Muhammad Budyatna menilai Maroef Syamsuddin yang mewakili Freeport Mc Moran di Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News