Pengangguran di Yunani Kembali Pecahkan Rekor

Pengangguran di Yunani Kembali Pecahkan Rekor
Pengangguran di Yunani Kembali Pecahkan Rekor

jpnn.com - YUNANI--Yunani yang perekonomiannya sedang terpuruk kembali mencetak angka pengangguran tertinggi pada Mei lalu yaitu mencapai 27,6 persen.

Angka tersebut menunjukkan kenaikan dibandingkan dengan tingkat pengangguran pada Mei tahun lalu sebesar 23,8 persen. Kelompok usia terbesar yang tidak memiliki pekerjaan adalah usia 15-24 dengan persentase mencapai 64,9 persen.

Laporan Badan Statistik Yunani ini muncul seiring adanya pertemuan antara Perdana Menteri Yunani Antonis Samaras dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Washington.

Dalam pertemuan tersebut Obama memuji pemerintah Yunani yang mengambil langkah-langkah untuk mengurangi tumpukan utang.

Namun ia mendesak Samaras untuk menyeimbangkan langkah penghematan dengan mendorong pertumbuhan dan meningkatkan pekerjaan.

Yunani saat ini berada dalam tahun keenam resesi dan menunjukkan pelemahan 25 persen terhadap produksinya pada 2007.

Di sisi lain, langkah pengurangan pekerjaan dan kenaikan pajak membuat publik marah terhadap pemerintahan Presiden Samaras.

Yunani menjadi negara yang paling menderita dalam krisis ekonomi Eropa dan menjadi yang pertama menerima bailout internasional pada Mei 2010. Negara ini dipinjami 6,8 miliar euro bulan lalu dari Uni Eropa, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Sentral Eropa.

YUNANI--Yunani yang perekonomiannya sedang terpuruk kembali mencetak angka pengangguran tertinggi pada Mei lalu yaitu mencapai 27,6 persen. Angka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News