Pengembangan Korporasi Usaha Tani BKP Kementan Bangkitkan Semangat Petani Sembalun

Pengembangan Korporasi Usaha Tani BKP Kementan Bangkitkan Semangat Petani Sembalun
BKP Kementan melakukan kegiatan Pengembangan Korporasi Usaha Tani (PKU) di Sembalun, Nusa Tenggara Barat. Foto: Humas BKP Kementan

jpnn.com, NUSA TENGGARA TIMUR - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan kegiatan Pengembangan Korporasi Usaha Tani (PKU) untuk meningkatkan kemandirian pangan dan kesejahteraan petani. Kegiatan ini merupakan intervensi kebijakan untuk meningkatkan status ketahanan pangan wilayah yang dianalisis berdasarkan Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA).

"Intervensi yang dilakukan program ini mencakup komponen on farm dan off farm termasuk kelembagaan, regulasi dan pasar lintas sektor secara terintegrasi pada beberapa kelompok tani secara korporasi" ujar Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan BKP, saat mengunjungi Gabungan Kelompok tani Lendak Kuta desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (2/7).

Andriko menambahkan, kegiatan PKU tidak saja bertujuan meningkatkan produktivitas komoditas tapi juga harus menghasilkan produk turunannya yang mampu menembus pangsa pasar lebih luas sehingga memberi nilai tambah dan keuntungan lebih besar bagi anggota gabungan kelompok tani.

BACA JUGA: Jokowi Belum Ajak Ma'ruf Amin Bicara soal Jatah Menteri

"Saya harapkan, kedepannya gapoktan ini mampu memasarkan produk olahannya dalam bentuk lembaga usaha berbadan hukum, sehingga usahanya semakin berkembang," tambah Andriko.

Kepala Dinas Pangan Lombok Timur, Mashur sangat berterimakasih adanya kegiatan PKU di wilayahnya. "Kami yakin, program ini mampu meningkatkan produktivitas gapoktan, yang tentunya berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan," kata Mashur.

BACA JUGA: Lowongan Anggota DJSN Sepi Peminat, Sepekan Baru Satu Pelamar

PKU di desa Sembalun ini bergerak dalam budidaya dan pengolahan bawang putih dan kentang. "Budidaya dan bisnis usaha olahan kentang dan bawang putih ini menjadi usaha utama kami. Kami meyakini usaha ini akan berkembang dan memiliki prospek cukup menjanjikan, apalagi setelah adanya kunjungan Tim dari Pusat, semakin memotivasi kami bekerja lebih giat lagi," ujar Ketua Gapoktan Lendak Kuta Minardi.

BKP Kementan melakukan kegiatan Pengembangan Korporasi Usaha Tani (PKU) untuk meningkatkan kemandirian pangan dan kesejahteraan petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News