Pengembangan Satuan TNI untuk Atasi Perwira tanpa Jabatan, Anggaran Siap?

Pengembangan Satuan TNI untuk Atasi Perwira tanpa Jabatan, Anggaran Siap?
Kopassus. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Muncul wacana banyaknya perwira tinggi dan perwira menengah TNI “menganggur” alias tanpa jabatan, diatasi dengan pengembangan satuan – satuan TNI. Termasuk peningkatkan tipe dan penambahan komando-komando utama.

Cara itu diharapkan mampu menarik lebih banyak perwira menengah dan perwira tinggi TNI. Sehingga kelebihan perwira yang saat ini terjadi terus berkurang.

Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie menyebut bahwa langkah tersebut harus dibarengi dukungan kuat dari pemerintah. Connie menjelaskan, pengembangan organisasi TNI sudah pasti berpengaruh terhadap banyak hal.

Termasuk kebutuhan mereka. Mulai prajurit, alat utama sistem persenjataan (alutsista), sampai kebutuhan-kebutuhan lain yang ada kaitannya dengan pelaksanaan tugas.

BACA JUGA: Nih, Alasan Tolak Perwira TNI Diberi Jabatan di Kementerian

Seperti infrastruktur markas dan sarana prasarana lainnya. ”Dan itu yang paling otomatis berdampak pada anggaran,” beber dia.

Artinya, pemerintah maupun DPR harus siap memastikan dukungan mereka dengan memberikan anggaran sesuai kebutuhan TNI. Dengan begitu, Connie yakin TNI bisa menyelesaikan masalah kelebihan perwira menengah maupun perwira tinggi tanpa mengirim mereka untuk mengisi jabatan sipil. (syn/git)


Banyaknya perwira tinggi TNI dan perwira menengah yang tidak punya jabatan diatasi dengan pengembangan satuan – satuan TNI.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News