Ternyata Ini yang Membuat TNI Sebagai Institusi Tepercaya

Ternyata Ini yang Membuat TNI Sebagai Institusi Tepercaya
Prajurit TNI. Ilustrasi Foto: MAYER C SARIOA/RADAR TIMIKA

jpnn.com, JAKARTA - Hingga saat ini, publik menempatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai institusi yang paling dipercaya.

“Hal ini disebabkan oleh kegiatan teritorial yang dilakukan TNI merupakan pengabdian tanpa batas atau tanpa pamrih,” kata Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto pada saat membuka Rapat Koordinasi Bidang Teritorial (Rakorter) TNI Tahun 2019 yang diikuti 180 peserta, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (14/2/2019).

BACA JUGA: TNI AL Terjunkan Pasukan Khusus ke Pakistan, Hati-hati!

Kegiatan pembinaan teritorial TNI, menurut Joni, dilaksanakan melalui kegiatan ketahanan wilayah, komunikasi sosial dan bakti TNI untuk membangun kemanunggalan TNI-Rakyat dan pemberdayaan wilayah pertahanan secara dini dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi sosial juang yang tangguh.

Ternyata Ini yang Membuat TNI Sebagai Institusi Tepercaya

Kepala Staf Umum TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto. Foto: Puspen TNI

Menurut Joni, setiap aparat teritorial harus dapat menyikapi kondisi lingkungan strategis dan perubahan dinamis yang terjadi pada tata kehidupan masyarakat Indonesia.

“Untuk itu dalam penerapan Pembinaan Teritorial (Binter) memerlukan improvisasi dan inovasi yang selalu dinamis mengikuti perkembangan kondisi dan sinergitas dengan komponen bangsa lainnya serta kemanunggalan dengan rakyat,” katanya.

Kasum TNI mengatakan tujuan pembinaan teritorial diantaranya memberdayakan potensi wilayah menjadi kekuatan pertahanan, baik secara fisik maupun non fisik.

Hingga saat ini, publik menempatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai institusi yang paling dipercaya. Hal ini disebabkan oleh kegiatan teritorial yang dilakukan TNI merupakan pengabdian tanpa batas atau tanpa pamrih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News