Penggelontoran Dana Desa Picu Maraknya Pemekaran

Penggelontoran Dana Desa Picu Maraknya Pemekaran
Penggelontoran Dana Desa Picu Maraknya Pemekaran

jpnn.com - JAKARTA – Direktur Jenderal Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agung Mulyana, mengakui, penggelontoran dana desa mengakibatkan pemekaran.

Yakni, membeludaknya pembentukan desa-desa baru. Bahkan diyakini hampir setiap hari ada satu desa baru yang terbentuk di seluruh Indonesia.

“Yang terpantau saat ini ada 72 ribu desa di seluruh Indonesia. Tapi saya yakin ini tiap hari mekar. Karena, itu kami minta bupati/wali kota melaporkan proses pemekaran di daerah masing-masing. Karena kewenangan ada di mereka. Tapi kan ada syaratnya sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Desa,” ujarnya, Kamis (12/2).

Menurut Agung, langkah kepala daerah melaporkan adanya pemekaran ke Kemdagri bukan dilakukan karena adanya penggelontoran dana desa yang nantinya dapat mencapai Rp 1,4  miliar per desa. Namun, semata-mata demi percepatan pembangunan.

“Nah kalau enggak dilaporkan, kami enggak akan mengeluarkan nomor kodifikasi wilayahnya. Makanya pakai kode, kalau enggak dapat kode, berarti liar. Saat ini hampir seribuan desa baru yang mengusulkan ke kita untuk meminta kode wilayah, include kecamatan,” tegas Agung. (gir/jpnn)

JAKARTA – Direktur Jenderal Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agung Mulyana, mengakui, penggelontoran dana desa mengakibatkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News