Pengguna Narkoba Diusulkan untuk Direhabilitasi, Begini Respons Kepala BNN

Pengguna Narkoba Diusulkan untuk Direhabilitasi, Begini Respons Kepala BNN
Kepala BNN Komjen Petrus Reinhard Golose (kiri). Foto: Humas BNNP Jatim

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Petrus Reinhard Golose menyadari banyak lembaga pemasyarakatan kini dalam keadaan penuh.

Di beberapa daerah, kondisi lapas dipenuhi hingga 70 persen.

Golose menyampaikan hal itu terkait adanya usul anggota Komisi III DPR RI I Wayan Sudirta untuk memberikan rehabilitasi kepada para pengguna narkoba.

"Tingkat kepenuhan di lapas yang sangat tinggi. Di daerah-daerah itu sekitar 50 persen, kemudian di kota besar itu di atas 70 persen," ujar alumnus Akpil 1988 itu saat Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi III di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/3).

Menurut dia, persoalan rehabilitasi ini memang menjadi perhatian BNN.

Pasal 55 UU Narkotika Tahun 2009 Tentang Narkotika juga sudah membahas hal tersebut.

"Ini menjadi catatan kami juga dan memang salah satu usulan dari kami untuk rehabilitasi, ini karena dalam UU itu, yang UU eksisting 35, hanya dituliskan pada pasal 55 wajib direhabilitasi," beber Golose.

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR RI I Wayan Sudirta mengaku bakal memberikan kesempatan rehabilitasi bila dirinya memiliki hak menentukan hukum kepada para pengguna narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Petrus Reinhard Golose menyadari banyaknya lembaga pemasyarakatan dalam keadaan penuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News