Penghapusan Terminal TKI Bukan Satu-satunya Cara Hilangkan Pemerasan

Penghapusan Terminal TKI Bukan Satu-satunya Cara Hilangkan Pemerasan
Penghapusan Terminal TKI Bukan Satu-satunya Cara Hilangkan Pemerasan

jpnn.com - JAKARTA - Migrant Care menilai usulan penghapusan Terminal IV Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan terminal khusus TKI bukanlah satu-satunya cara untuk menekan pemerasan terhadap pahlawan devisa tersebut.

"Penghapusan terminal bisa menjadi salah satu pengurai pemerasan di antara sejumlah tempat yang selama ini tidak cukup dievaluasi," kata Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah saat dihubungi di Jakarta, Senin (11/8).

Namun, menurut Anis upaya penghapusan Terminal IV itu bukan satu-satunya cara untuk menghilangkan praktik pemerasan yang merugikan TKI itu, tetapi harus dibarengi dengan penegakan hukum yang adil. Aparat harus mencari siapa saja yang terlibat dan kemana uang yang mengalir. 

Selain itu, Anis mengusulkan cara lain yang bisa meminimalisir pemerasan TKI yang pulang ke Indonesia. Yakni dengan menyediakan bus-bus yang mengantarkan para TKI ke daerah terdekat, seperti Bogor, Bandung dan Purwakarta yang selama ini dilakukan dan secara gratis. "Sediakan saja bus secara gratis ke daerah-daerah mereka, karena ini juga titik pemerasan terhadap TKI," ujarnya.

Terkait, pernyataan Humas Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Haryanto yang menilai pentingnya terminal tersebut karena TKI sendiri yang menginginkannya, Anis menegaskan bahwa hal itu tidak benar. "Dari mana TKI yang menginginkannya, di mana-dimana TKI tidak ada yang mau diperas," tandasnya. (ant/rr/mas)

JAKARTA - Migrant Care menilai usulan penghapusan Terminal IV Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan terminal khusus TKI bukanlah satu-satunya cara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News