Pengin Berat Badan Terjaga? Ketahui Jumlah Porsi Makan Siang yang Ideal

Pengin Berat Badan Terjaga? Ketahui Jumlah Porsi Makan Siang yang Ideal
Makan. Ilustrasi. Foto Trafoz

jpnn.com - Tak baik jika Anda melewati waktu makan siang karena hal ini akan memengaruhi kecukupan asupan gizi sehari-hari.

Namun bukan berarti, Anda bisa menentukan porsi makan siang dengan seenaknya.

Untuk mengatasi rasa lapar, orang yang tidak biasa mengonsumsi sarapan pagi biasanya akan makan siang dengan porsi yang berlebihan. Hal seperti ini justru dapat menambah risiko kenaikan berat badan.

Dalam menentukan menu makanan yang sehat dan tepat tidak bergantung dengan seberapa kenyang perut Anda atau seberapa banyak makanan yang dikonsumsi. Porsi makanan tersebut haruslah memenuhi jumlah kalori tertentu.

Tentunya akan sangat merepotkan jika Anda harus selalu menghitung berapa banyak kalori dari setiap makanan. Simak trik berikut ini agar lebih mudah mengatur porsi makan siang yang tepat. 

Ketahui jumlah kalori yang dibutuhkan

Kebutuhan kalori setiap orang perharinya sebenarnya tidak bisa dipukul rata. Banyak faktor yang memengaruhi kebutuhan kalori setiap orang, seperti jenis kelamin, usia, riwayat kesehatan, hingga seberapa  berat aktivitas yang dilakukan sehari-harinya.

Nah, porsi makan siang yang ideal ini haruslah dikendalikan dengan mengikuti kebutuhan kalori tubuh Anda.

Untuk mengatasi rasa lapar, orang yang tidak biasa mengonsumsi sarapan pagi biasanya akan makan siang dengan porsi yang berlebihan.

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News