Pengin Tahu Jumlah Kepala Daerah Tersangka di KPK?

Pengin Tahu Jumlah Kepala Daerah Tersangka di KPK?
Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu ditangkap KPK. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo mengelus dada atas tertangkapnya Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu oleh OTT KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

Pasalnya, penangkapan itu menambah daftar panjang kepala daerah yang terjerat kasus korupsi. Saat ini, sudah 104 kepala daerah yang menjadi tersangka di KPK.

”Sudah 100-an kepala daerah di OTT KPK, belum pejabat lainnya,” kata Tjahjo seperti diberitakan Jawa Pos.

Keprihatinan Tjahjo bertambah lantaran OTT Remigo yang dilakukan pada Sabtu (17/11) dan Minggu (18/11) itu diduga berkaitan dengan fee pelaksanaan proyek di bidang infrastruktur. Area rawan itu sudah berkali-kali disosialisasikan oleh pemerintah pusat.

Tjahjo menjelaskan, ada lima area rawan korupsi. Yakni, perencanaan anggaran, hibah dan bantuan sosial (bansos), retribusi dan pajak, pengadaan barang dan jasa serta mark up atau jual beli proyek.

Tjahjo mengaku sudah mewanti-wanti seluruh kepala daerah untuk menghindari zona rawan tersebut agar tidak terjaring kasus korupsi.

Meski demikian, Tjahjo tetap akan menindaklanjuti penetapan tersangka Remigo yang diumumkan Ketua KPK Agus Rahardjo pada Minggu (18/11). Pengganti Remigo, kata dia, akan diserahkan sepenuhnya ke Gubernur Sumatera Utara (Sumut). ”Seingat saya wakil bupati kosong, mungkin sekda-nya kami Plt-kan sebagai bupati,” imbuh dia.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menambahkan, sejauh ini hampir seluruh daerah di wilayah Sumatera pernah “disambangi” lembaganya. Mulai dari Aceh yang berada di wilayah paling barat Sumatera hingga Lampung. Bukan hanya kepala daerah, KPK juga beberapa kali mencokok anggota DPRD. Baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu terkena OTT KPK, menambah panjang daftar kepala daerah terjerat korupsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News