Pengumuman Unas SMK Bermasalah

Nilai Teori Kejuruan Jeblok

Pengumuman Unas SMK Bermasalah
Pengumuman Unas SMK Bermasalah
JAKARTA - Berbagai problem dalam pelaksanaan ujian nasional (unas) tahun ini seakan tidak ada habisnya. Kali ini menimpa unas sekolah menengah kejuruan (SMK). Gara-gara sistem penilaian siswa SMK bermasalah, pengumuman hasil unas di berbagai daerah terpaksa ditunda.

    

Tak hanya itu, nilai unas di beberapa SMK favorit di Indonesia juga jeblok. Ini disebabkan banyak siswa SMK yang tidak lulus teori kejuruan. Penyebabnya, pemberian materi dan praktik dinilai terlalu singkat. Indikasi lain rendahnya nilai teori kejuruan disebabkan kesalahan sistem penilaian yang tidak terbaca komputer. Beragam persoalan itu membuat sejumlah SMK di Indonesia resah.

    

Bahkan, dua SMK di Tegal terpaksa menunda pengumuman kelulusan siswanya. Yaitu, SMKN 3 dan SMK Maarif. Itu dilakukan karena hasil ujian menunjukkan banyak siswanya yang tak lulus. Pengumuman kelulusan ditunda sambil menanti klarifikasi dari panitia unas tingkat pusat.

    

Dinas Pendidikan Kota Tegal meragukan validitas hasil unas lantaran ratusan siswanya tidak lulus. Untuk diketahui, di Tegal terdapat 2.396 siswa SMK yang mengikuti unas. Sebanyak 258 siswa atau sekitar 10 persen tak lulus ujian nasional. Siswa juga terancam tak jadi magang ke luar negeri lantaran menanti pengumuman unas.

    

JAKARTA - Berbagai problem dalam pelaksanaan ujian nasional (unas) tahun ini seakan tidak ada habisnya. Kali ini menimpa unas sekolah menengah kejuruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News