Pengungsi Sinabung Dilarang Kembali ke Rumah

Pengungsi Sinabung Dilarang Kembali ke Rumah
Pengungsi Sinabung Dilarang Kembali ke Rumah

jpnn.com - JAKARTA - Menkokesra Agung Laksono mengingatkan sekitar 9.342 pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, untuk tidak kembali ke rumah mereka saat ini karena status gunung itu masih siaga tiga. Ini dilakukan untuk mencegah jatuhnya korban karena letusan gunung yang tidak dapat diperkirakan secara pasti.

"Jangan pulang dulu ke rumah. Ini agar mencegah tidak terjadi seperti di Merapi. Banyak warga yang kembali. Itu justru yang rawan," ujar Agung di kantornya, Jakarta, Rabu, (18/9).

Agung menyatakan pengungsi baru boleh kembali ke kediamannya atas instruksi dari pemerintah daerah dalam hal ini Bupati. Selama tidak ada instruksi, warga diminta bersabar di tempat pengungsian. Pemerintah, kata dia, akan menjamin penuh kebutuhan logistik warga selama di pengungsian.

Saat ini, kata dia, pihak Kepolisian dan TNI juga berpatroli di sekitar perumahan warga untuk mencegah terjadinya pencurian.

"Ada sebagian warga yang gelisah dengan rumahnya makanya mereka kembali. Ini kita sudah minta Polri dan TNI untuk awasi rumah-rumah warga," kata Agung.(flo/jpnn)

JAKARTA - Menkokesra Agung Laksono mengingatkan sekitar 9.342 pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, untuk tidak kembali ke rumah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News