Pengusaha Kafe-Resto Naikkan Harga

Pengusaha Kafe-Resto Naikkan Harga
Pengusaha Kafe-Resto Naikkan Harga
SURABAYA - Naiknya harga bahan baku berdampak pada para pengusaha kafe dan restoran. Pada semester pertama 2012, mereka telah menaikkan banderol sekitar tujuh persen.

Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Jatim Tjahjono Haryono mengatakan, kenaikan itu mengantisipasi melonjaknya harga bahan baku seperti daging sapi, ayam, dan telur. Selain itu, ada kebijakan larangan impor yang otomatis mempersulit mereka. "Kami mencoba menahan kenaikan tidak terlalu tinggi," ujarnya.

Menurut Tjahjono opsi menaikkan harga sebenarnya merupakan pilihan terakhir bagi pengusaha. Sebab, konsumen sangat sensitif terhadap harga. Dikhawatirkan, mereka beralih ke kafe dan restoran yang lain.

"Sekarang persaingan di bisnis F&B memang ketat, konsumen semakin cerdas dalam memilih jadi, anggota sangat berhati-hati jika ingin menaikkan harga jual," katanya.

SURABAYA - Naiknya harga bahan baku berdampak pada para pengusaha kafe dan restoran. Pada semester pertama 2012, mereka telah menaikkan banderol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News