Peningkatan Kualitas Masyarakat Batam jadi Program Unggulan

Peningkatan Kualitas Masyarakat Batam jadi Program Unggulan
Bakal pasangan calon Pilkada Batam 2020 dari jalur independen Rian Ernest-Yusiani Gurusinga. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, BATAM - Pengamat politik Rahmayandi Mulya menilai bakal calon Wali Kota Batam 2020 harus mampu menunjukkan program yang menunjang perkembangan industri.

Serta harus bisa memunculkan sektor baru untuk menunjang pendapatan dan kualitas hidup di Batam. 

"Calon-calon yang bermunculan ini harus jeli membuat program yang mengandalkan sektor-sektor potensial Batam. Selain terus mendorong sektor industri yang sempat menurun beberapa tahun belakangan," kata Rahmayandi, Kamis (2/1).

Program di sektor potensial ini bisa muncul dari berbagai bidang dalam masyarakat. Salah satunya sektor pariwisata untuk alternatif pengembangan ekonomi Batam, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Batam secara merata.

Soal sektor pariwisata, Rahmayandi menilai perlu ada perumusan secara mendalam mengenai potensi dan target wisatawan untuk Kota Batam.

"Harus dielaborasi lebih mendalam oleh si calon dan timnya. Apakah yang bisa menjual di Batam ini, wisata bahari, wisata kuliner, atau wisata belanja mungkin," ujar Dekan Fakuktas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Riau Kepulauan (Unrika) ini.

Rahmayandi juga melihat Bakal Calon Wali Kota Batam juga harusnya memiliki visi yang jelas untuk memastikan kemudahan berinvestasi di kota yang memang terkenal sebagai kota industri ini. 

Perizinan investasi yang rumit dan berbelit-belit, serta proses birokrasi yang panjang perlu dipangkas dan dipermudah.

Bakal calon Wali Kota Batam 2020 harus bisa memunculkan sektor baru untuk menunjang pendapatan dan kualitas hidup di Batam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News