Selasa, 23 Juli 2019 – 10:55 WIB

Penjara Sesak, Warga Binaan Ditempatkan di Kamar Mandi dan Toilet

Kamis, 27 Juni 2019 – 05:08 WIB
Penjara Sesak, Warga Binaan Ditempatkan di Kamar Mandi dan Toilet - JPNN.COM

jpnn.com - Kondisi Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas III Dharmasraya, Sumbar, yang terletak di Nagari Gunungmedan, Kecamatan Sitiung, sungguh memprihatinkan. Benar-benar sudah over kapasitas.

Dapur beserta dua unit kamar mandi/ toilet mesti disulap menjadi kamar tidur. Selasa (25/6), wartawan Padang Ekspres (Jawa Pos Group) Zulfia Anita berkesempatan mengunjungi LP yang dikepalai oleh Ahmad Junaidi itu.

Bila ingin masuk LP ini, pengunjung mesti melewati pintu jaga yang menyatu dengan perkantoran. Untuk sampai ke blok tahanan, Padang Ekspres melewati lahan kosong berjarak sekitar 500 meter dari areal perkantoran. Di lahan kosong ini, terdapat satu unit kolam ikan seadanya berukuran 4x6 meter dalam keadaan kosong.

Di sisi kanannya, terlihat satu unit bangunan mushala yang pembangunannya sedang terbengkalai. Namun, mushala ini tetap digunakan sebagai sarana ibadah. Nah, di sisi kiri lahan kosong tadi terdapat blok tahanan. Blok sel ini dilengkapi satu pintu jaga dan satu unit televisi.

BACA JUGA: Korlap Aksi Kawal MK Abdullah Hehamahua Mengaku tak Kenal Prabowo

Sewaktu Padang Ekspres yang didampingi Kepala LP Ahmad Junaidi memasuki blok tahanan ini, terlihat ratusan warga binaan sedang beraktivitas. Ada yang sekadar buka baju, tidur-tiduran, membersihkan blok, menjemur pakaian, serta lainnya.

Menurut Junaidi, LP yang mulai dioperasionalkan Januari 2018 lalu ini didukung 40 personel. LP ini berdiri di atas lahan seluas tiga hektare, namun sejauh ini baru dimanfaatkan sekitar 500 m2. Sedangkan blok tahanan baru satu dengan 10 kamar.

Idealnya, satu kamar ini diperuntukan bagi delapan orang warga binaan. Namun karena over kapasitas, satu kamar terpaksa dihuni 11 orang.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar