JPNN.com

Penjelasan BKN Soal Jadwal Rekrutmen CPNS dan PPPK 2019

Rabu, 16 Oktober 2019 – 14:05 WIB Penjelasan BKN Soal Jadwal Rekrutmen CPNS dan PPPK 2019 - JPNN.com
Karo Humas BKN Mohammad Ridwan. Foto : Mesya Mohammad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku ketua panitia pelaksana seleksi nasional (Panselnas) pengadaan aparatur sipil negara (ASN) 2019 belum bisa memastikan tanggal pasti pengumuman rekrutmen. Begitu juga jumlah formasi yang disiapkan.

Menurut Karo Humas BKN Mohammad Ridwan, jumlah formasi CPNS 2019 sebanyak 197.111 itu belum final. Sebab, belum ada keputusan pemerintah atau PP sebagai landasan hukumnya.

Begitu juga soal apakah rekrutmen hanya untuk CPNS atau ada PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) juga. Semuanya masih belum final meski sudah digadang-gadang hanya untuk CPNS.

"Rincian resmi tentang pengadaan ASN apakah CPNS semua atau ada PPPK menunggu keputusan pemerintahan baru. Hasil rakornas kepegawaian 25 September kemarin belum final. Keputusan final bila sudah Kepmen atau PermenPAN-RB," terang Ridwan kepada JPNN.com, Rabu (16/10).

Dia mengatakan, dalam dua pekan berjalan semua bisa saja terjadi. Kalau pakai hitungan matematika semua bisa langsung menebak jawabannya. Namun, negara ini bukan hitungan matematika, semua serba bisa terjadi.

Dia mencontohkan PP Manajemen PPPK tiba-tiba ditetapkan pada November 2018 dengan keharusan ada pengadaan PPPK tahap I pada awal 2019. BKN juga kelabakan saat itu, tapi mau tidak mau harus dilakukan.

BACA JUGA: Rapat Paripurna Ricuh, Dua Anggota Dewan Terpaksa Dilerai, Ternyata Ini Penyebabnya

"Jadi kalau ditanya 197.111 itu cuma untuk formasi CPNS, bisa ya bisa tidak. Atau ditanya apakah ada formasi PPPK tahap II tahun ini bisa ya bisa tidak. Kami juga melihat perkembangan terus dan harus siap kapan saja melaksanakan perintah presiden," tandasnya. (esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...