Penjelasan Firli Bahuri Soal Foto Bersama Syahrul Yasin Limpo

Penjelasan Firli Bahuri Soal Foto Bersama Syahrul Yasin Limpo
Ketua KPK Firli Bahuri Foto : Ricardo

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri kembali buka suara soal fotonya bersama Menteri Syahrul Yasin Limpo yang kini beredar di publik.

Purnawirawan Polri berpangkat komisaris jenderal itu menyatakan bahwa foto dirinya bersama Mentan SYL diambil sebelum yang bersangkutan berperkara di KPK. Firli mengatakan bahwa perkara di Kementerian Pertanian mulai masuk ke tahap penyidikan di KPK sekitar Januari 2023.

"Pertemuan di lapangan bulu tangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu Syahrul Yasin Limpo terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022 dan itu pun beramai-ramai di tempat terbuka," kata Firli dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (9/10).

"Maka dalam waktu tersebut, status Saudara Syahrul Yasin Limpo bukan tersangka, terdakwa, terpidana ataupun pihak yang berperkara di KPK," lanjut Firli.

Mantan kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri itu menyatakan bahwa pertemuan tersebut bukan atas undangan atau inisiatifnya, sebagaimana yang dituduhkan sejumlah pihak.

"Kejadian tersebut bukan atas inisiatif atau undangan saya. Hal ini sebagaimana kami jelaskan sebelumnya pada 5 Oktober 2023 lalu bahwa tuduhan-tuduhan tersebut tidaklah benar," kata dia.

Firli menilai berbagai isu miring yang dialamatkan kepadanya sebagai serangan dari para koruptor untuk menghalangi upaya pemberantasan korupsi di tanah air.

"Begitu banyak perkara korupsi yang sedang diselesaikan KPK. Sangat mungkin saat ini para koruptor bersatu melakukan serangan, apa yang kita kenal dengan istilah when the corruptor strike back. Namun, kami pasti akan ungkap semua," ungkapnya. 

Firli Bahuri kembali buka suara soal fotonya bersama Menteri Syahrul Yasin Limpo yang kini beredar di publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News