Penjualan Mobil dan Motor Cetak Rekor

Penjualan Mobil dan Motor Cetak Rekor
Penjualan Mobil dan Motor Cetak Rekor
JAKARTA - Penjualan otomotif domestik, mobil dan sepeda motor, melampaui target dan mencatatkan rekor tertinggi di tahun 2010 yang baru saja berlalu. Raihan manis ini berpeluang lebih baik lagi di tahun 2011 seiring dengan kondisi perekonomian dan politik yang makin stabil.

   

Data terbaru Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) untuk penjualan mobil sepanjang Januari sampai November 2010 mencapai 694.649 unit (wholesales) dan 671.764 (ritel). Sedangkan sampai Desember diyakini menembus 750 ribu unit atau meningkat lebih dari 50 persen atau tertinggi sepanjang sejarah penjualan mobil di Indonesia.

"Kalau sampai Desember wholesales (dari pabrik ke diler) sih bisa 750 sampai 760 ribu unit. Ritel bisa 735 ribu unit," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto kemarin.

Angka tersebut sudah melebihi rekor sebelumnya yaitu pada 2008 sebanyak 607.805 unit. Meski begitu, penjualan domestik belum mampu menjadi yang tertinggi di ASEAN karena Thailand masih menjadi yang tertinggi dan Indonesia menempati urutan kedua.

Penjualan di Thailand sampai November 2010 mencapai 707.235 unit dan pelaku industri di negeri gajah putih meyakini sampai Desember menembus 800 ribu unit.  "Penjualan di Thailand pada kuartal ketiga dan keempat gila-gilaan besarnya. Tapi kita tidak usah berpikir ke sana, fokus penjualan di dalam negeri saja nanti juga terlampaui," ucap Joko.

JAKARTA - Penjualan otomotif domestik, mobil dan sepeda motor, melampaui target dan mencatatkan rekor tertinggi di tahun 2010 yang baru saja berlalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News